Pentingnya Upaya Meningkatkan Akses Pangan bagi Masyarakat, Ini kata Rudie Roy

PAMBELUM, Puruk Cahu – Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah. Tujuannya agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya.

Hal tersebut dikatakan Pj Sekda Murung Raya (Mura), Rudie Roy saat menghadiri kegiatan Launching sekaligus Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam rangka pemberian bantuan pangan berupa beras tahap I tahun 2024, bertempat di halaman gudang Bulog Puruk Cahu.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan Pemerintah. Penyelenggaraan cadangan pangan dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pangan, kelebihan pangan, gejolak harga pangan dan keadaan darurat,” kata Rudie Roy, Jumat (23/2/2024).

Bacaan Lainnya

Di tempat yang sama Sekdis Ketahanan Pangan Mura, Indah Fahrianoor dalam laporannya menyampaikan, tujuan penyaluran CPP untuk pemberian bantuan pangan adalah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasarannya sebagai upaya menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan inflasi.

“Adapun sasaran dari penyelenggaraan CPP ini adalah masyarakat miskin dan kurang mampu untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrim,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan untuk Mura pemberian bantuan CPP 2024 periode Januari sebanyak 4.984 jiwa atau beras sebanyak 49.840 Kg, sedangkan Februari 2024 beras sebanyak 49.840 Kg untuk 4.984 jiwa. (SU)

Pos terkait