Rahmanto Muhidin Minta Antisipasi dan Penanganan Maksimal Rumah Sakit

PAMBELUM, Puruk Cahu – Pasien yang mengalami Gastroenteritis yaitu penyakit yang menginfeksi usus yang ditandai dengan diare, kram, mual, muntah, dan demam melonjak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puruk Cahu.

Wakil Ketua (Waket) II DPRD Murung Raya (Mura), Rahmanto Muhidin turut menyoroti permasalahan yang dihadapi rumah sakit Puruk Cahu.

Menurutnya, kasus Gastroenteritis juga bisa dikategorikan dengan penyakit yang cukup dikenal seperti Muntaber sehingga perlu adanya kewaspadaan bersama khususnya bagi kalangan orang tua agar dapat menjaga lingkungannya tetap bersih dan memperhatikan pola makan di rumah, mengingat penyakit tersebut mudah terserang kepada balita.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi, sejak awal Agustus 2022 peningkatan terus terjadi hingga melonjaknya pasien di RSUD Puruk Cahu. “Tentu diperlukan langkah-langkah antisipasi yang cepat agar penanganan dapat dilakukan secara maksimal kepada masyarakat yang mengalami kasus muntaber ini,” kata Rahmanto, Senin (12/09/2022)

Legislator PDIP mura ini meminta, dalam hal ini perlu adanya kesiapsiagaan dari unsur kesehatan yang dimulai dengan sosialisasi hingga perawatan yang maksimal kepada para pasien yang sejak sebulan terakhir ini terus mengalami peningkatan.

Disisi lain, dirinya turut memberikan apresiasi kepada pihak RSUD Puruk Cahu yang dalam beberapa hari terakhir telah tanggap dalam menyikapi peningkatan kasus tersebut.

“Salah satunya dengan menyiapkan ruang inap tambahan, sehingga pasien yang notabene merupakan masyarakat Murung Raya mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal ditengah kasus Gastroenteritis yang dianggap cukup berbahaya tersebut apabila tidak ditangani secara intensif,” tandasnya. (*)

Pos terkait