Perangkat Desa Miliki Peranan dalam Pembangunan Desa

PAMBELUM, PURUK CAHU – Perangkat desa memiliki peran yang cukup signifikan dalam perkembangan kemajuan desanya masing-masing.

Ketua DPRD Mura Doni menilai, jika program-program dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur desa tersebut perlu ditingkatkan, karena mereka memiliki peran di sana.

“Perangkat desa memiliki peran yang cukup tinggi dalam perkembangan kemajuan desanya masing-masing,” terang Doni, Selasa (23/08/2022).

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, kata legislator PDIP Mura ini, perangkat desa yang telah diangkat memiliki kualitas sumber daya manusia, ini penting agar masyarakat dan perangkat desa tersebut benar-benar mampu membantu tugas dan kewajiban kepala desa.

Dengan mereka memiliki keterampilan sehingga menambah pengetahuan yang memadai. “Supaya merek bisa berkontribusi terhadap segala program untuk pembangunan serta kegiatan masyarakat desa di wilayahnya masing-masing,” ujar politisi senior ini.

Lainnya, tugas kades bersama perangkat desa melakukan pengelolaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) termasuk juga mengurusi segala hal yang berkaitan dengan pembangunan desa. “Itu bukanlah tugas yang mudah tapi harus dibarengi SDM yang handal dan mumpuni,” tukasnya. (*)

Pos terkait