Pemkab Mura Gelar Kegiatan Gerakan Pangan Murah

PAMBELUM, Puruk Cahu – Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya (Mura) Hermon melalui Plh Sekda Mura Serampang membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS).Kegiatan yang dilaksanakan di Stadion Mini Kota Puruk Cahu turut dihadiri Ketua DPRD Mura Doni, Unsur Forkopimda Mura, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan tamu undangan lainnya, Senin (16/10/2023).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mura Yulianus dalam laporannya menyampaikan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi karena merupakan sumber energi untuk mempertahankan hidup. Menganggap bahwa pangan menjadi penting karena menyangkut permasalahan politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Oleh karena itu, kata dia, kebijakan pangan menjadi isu sentral dalam pembangunan. Keterjangkauan pangan merupakan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan, baik dari sisi akses terhadap ekonomi maupun akses fisik Sebagai Negara dengan jumlah penduduk yang besar dan di sisi lain memiliki sumber daya alam dan sumber pangan yang beragam, Indonesia harus mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara berdaulat dan mandiri.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini sebagai langkah proaktif Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya yang perlu didukung semua pihak dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan sekaligus aksesbilitas masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan dapat memperoleh harga yang murah dan terjangkau serta membantu petani memperoleh harga yang layak. Dalam hal ini Pemerintah bekerjasama dengan Distributor, Perum Bulog dan Petani, pelaku usaha pangan dalam penyediaan komoditas pangan,” terang Yulianus.

Sementara itu, Plh Sekda Mura Serampang memberikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya, Perum Bulog, para agen/distributor pangan, serta pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam menyukseskan acara yang dipusatkan di Stadion Mini Komplek Pekantoran Pemda ini.

Ia juga menyampaikan, masyarakat tidak perlu panik dalam memenuhi kebutuhan pangannya, karena stok komoditas pangan utama cukup dan harganya juga terjangkau, itulah sebabnya Pemerintah menyelengarakan acara ini agar dapat mendongkrak stabilitas harga sehingga daya beli masyarakat dapat menjangkau kebutuhan bahan pangan pokok.

“Semoga Kegiatan Gerakan Pangan Murah Pasar Penyeimbang Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya, berjalan dengan lancar,” pungkas Serampang. (SU)

Pos terkait