Legislator PAN Ingatkan Dinkes Gencar Antisifasi Kemunculan Wabah DBD

Akhmad Tafruji
Listen to this article

PAMBELUM, Puruk Cahu – Ketua Fraksi PAN Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya Akhmad Tafruji SP, meminta Dinas Kesehatan untuk gencar mengantisipasi munculnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) ketika musim hujan.

“Memang beberapa hari ini kota Puruk Cahu selalu diguyur hujan yang cukup deras, maka dari itu jangan sampai kondisi lembab tersebut mengakibatkan munculnya wabah DBD di lingkup pemukiman warga yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat,” kata Akhmad Tafruji, Jumat (24/3/2023).

Menurut Tafruji, Dinas Kesehatan diminta terus mengingatkan kepada seluruh petugas kesehatan agar memperhatikan hal tersebut.

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, jangan sampai masyarakat yang berdomisili di Kota Puruk Cahu hingga di pelosok desa resah akibat munculnya wabah yang dapat membahayakan nyawa manusia. Nyamuk Aedes Aegypti penular penyakit mematikan itu harus dibasmi.

“Lebih baik diantisipasi terlebih dahulu, dari pada kita nanti yang menjadi korbannya. Maka dari itu selain masyarakat, petugas dari puskesmas dan Dinkes di daerah setempat harus aktif melakukan sosialisasi serta lain sebagainya,” ucapnya.

Dirinya mendorong agar petugas Puskesmas setempat terus mensosialisasikan terkait bahaya DBD.

Mereka juga diminta memberikan penyuluhan seperti selalu melaksanakan 3M atau menguras, menutup dan mengubur sampah harus dikubur agar tidak menjadi sasaran tempat sarang nyamuk berkembang. Kebanyakan nyamuk DBD berkembang dari genangan air di dalam barang dan maupun tumpukan sampah.

“Karena dari pengamatan kita selama ini salah satunya yaitu selalu membersihkan lingkungan rumah dari adanya genangan-genangan air yang mengendap akibat guyuran hujan dan lain sebagainya. Karena hal tersebut bisa saja menjadi berkembangnya nyamuk DBD,” katanya.

Pos terkait