Kafilah Murung Raya rebut gelar juara umum FSQ X tingkat Provinsi

Wakil Ketua I DPD Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Murung Raya, Dina Maulidah menerima trofi atas perolehan juara umum kafilah Murung Raya pada kegiatan FSQ X Tingkat Provinsi kalteng di Palangka Raya, Rabu (25/10/2023) malam.

PAMBELUM, Puruk Cahu – Kafilah Kabupaten Murung Raya berhasil meraih juara umum dalam lomba Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah X tahun 2023, yang digelar sejak tanggal 21 Oktober lalu di Kota Palangka Raya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (Lasqi) Nusantara Jaya Kabupaten Murung Raya, Rahmanto Muhidin melalui sambungan telepon mengatakan peserta dari Murung Raya berhasil merebut juara pertama empat golongan dari dua cabang lomba yang dilaksanakan.

“Ada dua cabang lomba yang dilaksanakan, yaitu cabang bintang vokalis gambus dan cabang pop religi. Masing-masing cabang dibagi lagi ke beberapa golongan, seperti golongan anak-anak putra dan putri, remaja putra dan putri, serta dewasa putra dan putri,” jelas Rahmanto, Rabu (25/10).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, dikatakan Rahmanto, Murung Raya berhasil mendapatkan juara pertama untuk dua golongan pada cabang bintang vokalis gambus, dan dua golongan lagi di cabang pop religi.

“Bintang vokalis qasidah gambus golongan anak-anak putra atas nama M. Gigih Roviki, bintang vokalis qasidah gambus golongan remaja putri atas nama Helen Agustin, Pop religi golongan dewasa putra atas nama M. Marinda dan pop religi golongan anak-anak putri atas nama Althofun Nisa,” sebut Rahmanto yang juga Wakil Ketua II DPRD Murung Raya tersebut.

Tidak hanya itu, Rahmanto juga mengatakan di beberapa golongan cabang lomba, peserta yang dikirim dari Murung Raya ada yang berhasil meraih juara 2 serta juara-juara harapan, sehingga Murung Raya mendapatkan poin nilai tertinggi dan berhak menjadi juara umum FSQ X.

Adapun prestasi yang diraih oleh kafilah Murung Raya selain juara pertama, diantarannya juara 3 Pop religi golongan dewasa putri Audia Riska Safitri, juara 2 pop religi  golongan remaja puteri Cinta Azahra Putry, harapan 3 pop religi  golongan remaja putera Jodi Prastia, Juara 2 pop religi golongan anak-anak putera Leo Akbar, harapan 1 bintang vokalis qasidah gambus golongan dewasa putra Nuryadin Cahaya Fadilah dan harapan 2 bintang vokalis qasidah gambus golongan remaja putra Rafly Ramadani.

Atas pencapaian tersebut, Rahmanto mengatakan juga dirinya sangat mengapresiasi serta memberikan penghargaan kepada seluruh peserta dan official yang berhasil membawa nama baik Murung Raya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kedepan, Rahmanto berharap prestasi itu bisa dipertahankan serta ditingkatkan lagi ditahun-tahun yang akan datang, serta mengakui prestasi yang sudah diraih itu tidak lepas dari dukungan dari semua unsur di Murung Raya, dalam hal ini bupati, DPRD, masyarakat serta kantor Kementrian Agama.

Terakhir, Rahmanto menyampaikan juga penghargaan setinggi-tingginya kepada pelatih yang ditunjuk oleh DPRD Lasqi Murung Raya, Dina Maulidah serta pimpinan Kafilah Murung Raya, Wahyudi sehingga empat orang yang mendapatkan juara pertama bisa mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada FSQ Nasional yang dilaksanakan di Jakarta pada 9-11 Nopember 2023 mendatang.(SU)

Pos terkait