Disdikbud Murung Raya tidak larang wisuda kelulusan sekolah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya, Ferdinand Wijaya saat diwawancara di kantornya, Jumat (7/7/2023).

PAMBELUM, Puruk Cahu – Setelah keluarnya peraturan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) nomor 14 tahun 2023 tentang larangan mewajibkan wisuda saat kelulusan sekolah disatuan pendidikan, Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menghimbau agar semua sekolah di kabupaten tersebut bisa mengikuti aturan itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Murung Raya. Ferdinad Wijaya mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat edaran tersebut pada 23 juni 2023 lalu dan sudah meneruskannya ke satuan pendidikan, mulai dari PAUD, sampai sekolah menengah pertama

“Isi dari surat edaran ini intinya pertama memastikan satuan pendidikan satuan pendidikan PAUD, hingga SMP tidak menjadikan kegiatan wisuda bersifat wajib dan pelaksanaan kegiatan tidak boleh memberatkan orang tua/wali peserta didik ,” terang Ferdinand, Jumat (7//7).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa arti dari tidak wajib bukan melarang tetapi wisuda boleh dilaksanakan asal persetujuan dari orang tua murid dan Komite sekolah sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri dan Kebudayaan nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah.

Disisi lain, ia mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang ia ketahui fenomena wisuda tersebut memang terjadi di sekolah unggulan di kota-kota besar yang ada di Indonesia, dimana orang tua yang anak-anaknya bersekolah memang tingkat ekonomi menengah ke atas, sehingga biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu berat bagi mereka.

“Katanya sekolah-sekolah lain meniru itu, oleh karenanya Kemendikbudristek mengeluarkan surat edaran ini yang isinya tidak mewajibkan bukan melarang dan komite sekolah harus melibatkan orang tua dalam rapat apabila ingin menggelar kegiatan wisuda,” ujar Ferdinand lagi.

Maka dari itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Murung Raya ini mengatakan bahwasanya surat edaran Kemendikbudristek sudah ditindak lanjuti dengan diedarkan ke setiap sekolah dari jenjang PAUD hingga SMP yang ada di Murung Raya ini.

“Mudah-mudahan dengan surat ini semua sekolah bisa mengevaluasi, kalau saya secara pribadi menyarankan wisuda tingkat PAUD hingga SMP ini tidak perlu karena memang wisuda ini memang sebenarnya untuk pergurun tinggi,” tutup Ferdinand Wijaya.(SU)

Pos terkait