Kadis Tanakan Lantik Penyuluh Pertanian, Diminta Tingkatkan Kemampuan Diri

PAMBELUM, Puruk Cahu – Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Murung Raya (Mura) Pujo Sarwono melantik penyuluh pertanian di dinas setempat.

Pujo Sarwono berharap, para penyuluh bisa meningkatkan kemampuan dirinya dan ilmu pengetahuan. Sebab, kata dia, ilmu pengetahuan atau teknologi pertanian itu sangat cepat perkembangan.

Hal itu disampaikan Pujo saat melantik dan mengambil sumpah dan janji pejabat fungsional penyuluh pertanian ahli pertama dan jabatan fungsional penyuluh pertanian pelaksana pemula di Distanakan, Jumat (4/11/2022) dalam kegiatan yang dihadiri dari dinas DiskominfoSP dan BKPSDM serta para saksi rohaniawan.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Menurutnya, pelantikan salah satu syarat yang harus diikuti oleh semua pegawai negeri sipil atau ASN. “Tugas kalian sebagai penyuluh tentu sangat berat karena kalian akan bertugas 24 jam, tidak hanya seperti pegawai biasa.
karena kalian pejabat fungsional dan bertugas di lapangan,” katanya.

Sekretaris Distanakan Humerus Elmar mengatakan, total pejabat fungsional yang dilantik untuk jabatan fungsional penyuluh pertanian ahli pertama sebanyak 4 orang dan jabatan fungsional penyuluh pertanian pelaksana pemula sebanyak 4 orang.

“Jadi totalnya ada 8 jabatan fungsional yang dilantik dan total jumlah penyuluh yang ada di dinas Pertanian ini berjumlah 25 orang,” beber Humerus.

Ke depan, tambahnya, paradigma penyuluh ini sudah berubah, kalau dulu penilaian prestasi kinerja penyuluh ini berdasarkan output atau jumlah pelaksanaan pekerjaan mereka di lapangan, tetapi sekarang sudah berubah paradigmanya. “Jadi penyuluh dinilai kinerjanya dari tingkat kesejahteraan petaninya dan setiap penyuluh akan membina kelompok petani di masing-masing wilayah kerjanya,” sebutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.