Pemkab Mura Maksimal Dalam Mencegah Potensi Stunting

PAMBELUM, Puruk Cahu – Peran masyarakat khususnya ditingkat keluarga sangat penting, guna mendukung upaya pencegahan stunting ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) terus berupaya maksimal dalam mencegah potensi terjadinya Stunting.

Namun upaya ini, harus didukung oleh masyarakat terutama pada masing-masing kepala keluarga agar anak mereka tetap tumbuh sehat dan tidak mengalami stunting atau pertumbuhan tidak normal.

Bupati Mura Perdie M Yoseph meminta, agar keluarga dapat berperan penting sebagai tempat pertama bagi anak untuk mendapatkan pendidikan nilai. Seperti nilai-nilai seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran dan kasih sayang yang ditanam oleh orang tua.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

”Peran keluarga diharapkan dapat berperan aktif dalam menanggulangi dan mencegah Stunting. Dengan cara memberikan gizi dan asupan bernutrisi bagi anak sejak balita. Saya minta komitmen semua untuk menjaga keluarga masing masing agar bisa menciptakan generasi berkualitas, kita harus mengupayakan mencegah Stunting berawal dari keluarga,” pesannya, Senin (12/09/2022).

Menurutnya, dalam melakukan pencegahan potensi terjadinya Stunting ini, sebenarnya harus diawali dari bagian terkecil dari masyarakat yaitu keluarga.

Sementara Kadis kesehatan Mura Suria
Siri mengatakan, keluarga terutama ibu saat mengandung wajib asupan makanannya bernutrisi maksimal atau bergizi tinggi sehingga asupan bagi calon bayi maksimal juga.

“Bukan hanya sampai disitu, terus dilanjutkan hingga mencapai 1.000 hari pertama kehidupan anak,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, jika hal tersebut tidak dapat dilakukan maka, jika seorang anak sudah mengalami Stunting, sejak masih balita pertumbuhannya dipastikan akan terus melambat hingga dewasa.

“Kita berharap masyarakat Mura memahami ini, jika terjadi sangat disayangkan, karena Stunting adalah kondisi gangguan pertumbuhan yang tidak bisa dikembalikan seperti semula atau permanen,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.