13 Desa di Murung Raya Dilatih Kembangkan Potensi Desa

PAMBELUM, Puruk Cahu – Sebanyak 13 desa yang berada di empat kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mendapat pelatihan tentang pengembangan potensi desa diwilayah masing-masing.

Pelatihan itu sendiri dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bekerja sama dengan PT Indo Muro Kencana (IMK) di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Selasa (30/11/2021).

Pelatihan itu juga dihadiri oleh Ketua Asosiasi Badan Usaha Milik Desa (Asbumdes) Kabupaten Murung Raya atau atau yang juga Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Murung Raya, Rahmanto Muhidin dan Sekretaris DPMD Mura Simon  Loteh.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Mewakili managemen PT IMK, Andre Hasibuan mengatakan pelatihan itu bertujuan agar pemerintah desa, terutama yang berada dilingkar tambang bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki melalui badan usaha milik desa (BUMDes).

“Harapan kami bisa mengembangkan atau meningkatkan ekonomi desa itu sendiri melalui potensi yang dimiliki,” ungkap Andre.

Menurut Andre, PT IMK sudah beberapa kali melakukan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kapsitas para aparatnya, contohnya beberapa waktu lalu melaksanakan pelatihan tentang keuangan desa.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Mura, Hermon mengatakan pelatihan potensi desa bisa dikatakan berkah bagi 13 desa sebab berkesempatan mendapatkan ilmu agar dapat memajukan desa melalui potensi atau sumber daya yang dimiliki.

“Saya harap desa-desa yang berkesempatan mendapat pelatihan ini mengikutinya dengan sebaik mungkin agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi desa,” tutur Hermon.

Menurut Hermon juga, pelaku usaha BUMDes yang mengembangkan potensi desa harus memiliki wawasan atau pemahaman sehingga kegiatan tersebut memiliki manfaat jangka panjang bagi warga desa.

Sementara itu untuk diketahui peserta pelatihan potensi desa diikuti oleh 13 desa yang masuk diwilayah Kecamatan Murung, Tanah Siang, Tanah Siang Selatan dan Sungai Babuat.

Selain Sekda Mura, Ketua Asbumdes Kabupaten Mura dan Sekretaris DPMD Mura, kegiatan tersebut juga dihadiri pihak DPMD Provinsi Kalteng sebagai pemberi materi.(RED)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.