Dewan Ingatkan Warga Bantaran Sungai Barito

Ketua DPRD Mura Doni
Ketua DPRD Mura Doni
Android

PAMBELUM, Puruk Cahu – Seluruh masyarakat di wilayah Mura yang kediamannya menjadi langganan banjir, diinginkan agar bisa waspada terhadap potensi banjir, mengingat cuaca alam yang tidak menentu.

Pasalnya, saat ini kondisi debit air sungai barito kembali mengalami kenaikan untuk wilayah hulu. Sehingga kondisi tersebut harus dipantau secara rutin oleh pemerintah setempat melalui instansi terkait dapat harus menyikapi dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam membantu masyarakat.

“Pada intinya berkaitan dalam penanganan menghadapi banjir, sehingga apa yang menjadi kebutuhan dan bantuan kepada masyarakat mengingat apabila bencana banjir kembali terjadi akan menjadi perhatian yang serius,” ujar ketua DPRD Mura Doni, Selasa (14/9/2021).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

menyarankan agar pemerintah daerah terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk selalu menyiapkan segala kemungkinan jika terjadi bencana banjir susulan. “Setidaknya Sarprasnya harus siap jika dibutuhkan masyarakat, termasuk logistiknya,” imbuhnya.

Di Kabupaten Mura sendiri, terdapat beberapa kawasan di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito yang rawan banjir yang harus menjadi perhatian yang intens dilakukan dan dipantau.

Sebab itu, diperlukan kesiapan dalam melakukan evakuasi untuk pengamanan dan keselamatan masyarakat serta kesiapan dalam menghadapi dampak terburuk ataupun dampak sosial dan kondisi terburuk yang tidak dinginkan.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.