Antisipasi Dini Bencana Kebakaran dan Karhutla

Android

PAMBELUM, PURUK CAHU – Bencana dan musibah kebakaran di pemukiman dan juga kebakaran hutan dan lahan, perlu diwaspadai seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Murung Raya (Mura) saat ini.

Pasalnya saat ini, terlihat gejala alam menunjukan akan memasuki musim kemarau, sehingga perlu diantisipasi dan diwaspadai terutama untuk Kota Puruk Cahu dan sekitarnya yang bermukim di wilayah padat penduduk .

 “Antisipasi dini perlu dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat,” tegas Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura), Rumiadi, Rabu (11/08/2021)

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Politis PDIP ini mengingatkan, dengan kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi, tidak jauh dari pemukiman warga. Hal ini diakibatatkan karena kurangnya pengawasan saat membakar sesuatu atau kegiatan lainnya yang berpotensi menyebabkan api cepat membesar.

“Nah ini atensi khusus kita untuk wilayah perkotaan, dan yang buka lahan jangan sembarangan membakar karena sanksinya tegas dan jelas bisa dipidana,” tambahnya.

Dirinya tidak menampik bahwa di perkotaan ini, khususnya yang selalu terbakar adalah lahan-lahan yang terlantar dan tidak pernah dikelola. Seharusnya, menjelang musim kemarau seperti ini lahan-lahan di perkotaan itu harus sudah dibersihkan untuk diantisipasi agar tidak terjadi kebakaran.

“Saya berharap pada tahun ini jangan sampai ada musim kabut asap seperti beberapa tahun silam, karena hal itu akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Di satu sisi pemerintah tengah berjuang mengatasi pandemi,” tutupnya.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.