Pemkab Mura Gelar Rakor Menyambut Hari Raya Idul Adha

Android

PAMBELUM, Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkompinda dan Lintas Agama dalam rangka menyambut pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Rapat itu dipimpin oleh Wakil Bupati Mura, Rejikinoor dan dihadiri Kapolres Mura, AKBP I Gede Putu Widyana, Sekda, Kepala Kemenag, H. Marzuki Rahman, Danramil 07 Puruk Cahu, Lettu M. Saroni, Ketua MUI, Ustadz Karsihadi, pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) serta seluruh pengurus organisasi keagamaan lainnya yang dilaksanakan di Gedung B Kantor Bupati Mura, Rabu ( 14/7/ 2021).

Wakil Bupati Mura, Rejikinoor mengatakan, tujuan Rakor itu tidak lain untuk menyepakati apa yang menjadi rambu-rambu dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di masa pandemi ini.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Supaya pelaksanaan Shalat Idul Adha yang dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19 ini betul-betul aman, lancar dan penuh kekhusyuan. Serta yang paling penting masyarakat tidak tertular virus Covid-19,” ucap Rejikinoor.

Oleh karena itu, dijelaskan Rejikinnnor Rakor yang dilaksanakan tidak lain untuk mencari solusi dan merumuskan yang terbaik untuk masyarakat dalam melaksanakan Shalat Idul Adha nantinya.

Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha yang jatuh pada tanggal 20 Juli ini panitia masjid diharuskan menyediakan beberapa peralatan prokes, diantaranya alat pengukur suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer dan sarana mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

“Juga menyediakan masker da mengatur jarak atau shaf antar jamaah kurang lebih 1 meter,” jelas Rejikinoor.

Selanjutnya kata Rejikinoor, jamaah membawa perlengkapan shalat masing-masing, memakai masker, menghindari kontak fisik dan lainnya.

“Nantinya juga dibantu dari TNI-Polri untuk pengamanan saat pelaksanaan Shalat. Mudahan-mudahan dengan konsep ini pelaksanaan shalat Idul Adha dapat berjalan dengan baik sesuai yang kami harapkan,” pungkas Rejikinoor lagi.

Sementara itu Kapolres Mura ,AKBP I Gede Putu Widyana, mengatakan, 3 hal yang diwaspadai dalam perayaan ibadah Idul Adha yaitu takbiran, pelaksanaan sholat id, dan pelaksanaan penyembelihan serta distribusi daging hewan qurban.

“Dalam setiap tahapan perayaan Idul Adha mulai dari pelaksanaan Sholat Id hingga distribusi hewan qurban dihimbau untuk tetap berkoordinasi dengan babinsa maupun bhabinkamtibmas dalam rangka pengamanan ibadah masyarakat,” terang Kapolres.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.