Kades Harus Ada Komitmen Mambangun

Android

PAMBELUM, Puruk Cahu – Setiap kepala desa diingatkan agar untuk memiliki komitmen membangun desanya masing-masing. Harapan itu disampaikan Ketua DPRD Murung Raya (Mura) Doni.

Terlebih saat ini, dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tidak sedikit dari desa yang yang memiliki Kepala Desa baru terpilih. Sehingga dengan program dana desa ini seharusnya desa sudah mulai mandiri untuk menyelesaikan persoalan pembangunan di dalam desa itu sendiri.

“Setidaknya kades dapat mengatasi beberapa tantangan, pertama dalam hal percepatan pembangunan di desa sesuai dengan tujuan pemerintah pusat yang menyediakan anggaran cukup besar untuk percepatan pembangunan desa,” ungkap Politisi PDI-P ini, Rabu (14/7/2021).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Menurutnya, ketika kewenangan membangun desa telah diberikan oleh pusat dan didukung oleh transfer dana desa ditambah adanya alokasi dana desa yang bersumber dari APBD harapannya pembangunan desa itu berpihak pada rakyat.

Kondisi ini, tambah Doni, tentunya menjadi tantangan sekaligus beban tersendiri bagi kepala desa. Dengan dana transfer pusat yang besar itu pula, nantinya akan terlihat seberapa cepat kepala desa terpilih bisa mengimbangi dengan pembangunan sebelumnya.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.