Kader Ansor Banser Murung Raya Ikuti PKL dan Susbalan di Kalsel

Kader Ansor Banser Murung Raya saat mengikuti PKL dan Susbalan di Kalsel.
Android

PAMBELUM, Puruk Cahu – Selama empat hari berturut–turut, sebanyak 13 kader Ansor dan Banser dari Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan mengikuti agenda proses kaderisasi Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) dan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan itu sendiri berlangsung dari tanggal 1 sampai 4 Maret 2021 lalu bertempat di Asrama Haji di Kota Banjarbaru Provinsi Kalsel.

“Untuk kegiatan PKL diikuti oleh tiga orang kader Ansor Murung Raya, sedangkan untuk Susbalan diikuti oleh 10 orang banser,” ungkap Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Ansor Murung Raya, Seniadinoor, Selasa (6/4/2021).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Seniadinoor juga mengatakan, dalam kegiatan itu hanya Kabupaten Murung Raya di Provinsi Kalimantan Tengah yang mengirim peserta, diluar itu diikuti oleh 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel.

“Untuk jumlah seluruhnya PKL 56 orang dan Susbalan 95 orang. Kegiatan dihadiri oleh 14 kabupaten/kota di Kalsel dan hanya Murung Raya dari luar daerah Kalsel. Kegiatan itu langsung dibuka oleh Ketua Umum PP GP Ansor yang juga Menteri Agama RI, H Yaqut Choli Qoumas atau Gus Yaqut secara virtual,” jelas Seniadinoor.

Peserta PKL dan Susbalan dari Murung Raya sesudah mengikuti kegiatan.

Terpisah, Wakil Ketua GP Ansor Kalteng, Rahmanto Muhidin mengatakan pelaksanaan PKL dan Susbalan diwajibkan bagi kader Ansor-Banser yang sudah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar).

“Hal ini merupakan langkah untuk menyiapkan kader Ansor-Banser yang memiliki kompetensi ideologis Islam Ahlussunnah Waljamaah ala Nahdlatul Ulama (NU),” sebut Rahmanto yang juga Wakil Ketua II DPRD Murung Raya.

Rahmanto yang juga salah satu peserta Susbalan Kalsel tersebut juga mengatakan, apa yang didapatnya selama mengikuti kegiatan tersebut ialah bagaimana tugas berat GP Ansor, apalagi Banser sebagai pasukan inti GP Ansor untuk selalu mengamalkan Pancasila, menjaga keutuhan kedaulatan Indonesia dengan slogan NKRI harga mati, dan menampilkan kader patriot yang berani di garda depan membela serta menjaga para Kiai NU.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.