Siskeudes Permudah Pemerintah Desa

Android

PAMBELUM, Puruk Cahu– Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) adalah sebuah aplikasi untuk pembuatan anggaran, pembukuan, dan pelaporan keuangan desa yang disediakan oleh Pemerintah secara gratis.

Ketua DPRD Murung Raya (Mura) Doni, mengatakan, Pemerintah Kabupaten setempat dapat menggunakan Siskeudes untuk mengkompilasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dan laporan realisasi APBDes semua desa yang berada di Kabupaten Mura.

Menurutnya, adanya aplikasi Siskeudes akan memudahkan pemerintah desa membuat anggaran, pembukuan, dan pelaporan keuangan. 

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Begitu data-data dimasukkan, Siskeudes secara otomatis menghasilkan berbagai laporan yang diperlukan. Sehingga menghemat waktu dan biaya, mengurangi potensi kecurangan dan kesalahan manusia, serta membantu agregasi data,” terang Doni, Sabtu (13/03/2021).

Menurut legislator PDIP ini, Siskeudes memungkinkan pembuatan dan pelaporan anggaran desa menjadi lebih tepat waktu dan akurat. Hal ini juga, lanjutnya, membuat pencairan dana dari Pemerintah Pusat dapat dilakukan tepat waktu.

Dikatakan, aplikasi ini juga bisa meningkatkan akuntabilitas keuangan desa karena catatan dan laporan dalam Siskeudes terkendali dan tidak dapat diubah begitu saja. 

“Karena desa dan kabupaten tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperoleh atau mengembangkan aplikasi keuangan desa. Anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam mengelola keuangan desa,” tutup Doni.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.