Deteksi Dini Cegah Radikalisme

Android

PAMBELUM, Puruk Cahu Wakil Ketua II DPRD Murung Raya (Mura) Rahmanto Muhidin mengatakan, perlunya kolaborasi antara masyarakat dan penegak hukum untuk menangkal adanya indikasi aksi terorisme.

Menurutnya aksi teror dan paham radikalisme yang ingin memecah belah persatuan bangsa serta menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat harus diberantas.

Politikus PKB ini menyadari dalam mendeteksi paham dan gerakan radikalisme di setiap sektor kehidupan masyarakat dianggapnya cukup rumit, sehingga harus ada upaya deteksi dini terhadap radikalisme agar dibangun dengan melibatkan segenap masyarakat.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

 “Untuk itu perlu peran masyarakat dan ketahanan sosial dalam melakukan deteksi dini terhadap potensi radikalisme dan intoleransi. Aparat tidak bisa bergerak sendiri tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat,” paparnya, Selasa (30/3/2021).

Upaya pencegahan bisa dimulai di sekolah, tempat kerja dan organisasi yang harus sudah memiliki aturan-aturan guna mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan radikalisme dan intoleransi itu.

“Masyarakat sebagai elemen sosial yang saling berdekatan, pasti bisa mengetahui sikap-sikap yang dinilai bertentangan dengan norma yang berlaku. Terutama yang menjurus pada sikap radikalisme pada paham tertentu,” tandasnya.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.