Kisah Anak Petani yang Kini Jadi Salah Satu Unsur Pimpinan DPRD Murung Raya

RAHMANTO MUHIDIN.

PAMBELUM – Nama Rahmanto Muhidin memang sangat dikenal oleh hampir sebagaian besar masyarakat di Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Bukan tanpa alasan, sebab lelaki yang lahir di Desa Muara Maruwei II, Kecamatan Laung Tuhup tahun 1982 ini sekarang merupakan salah satu unsur pimpinan di DPRD Kabupaten Mura.

Namun siapa sangka dan tidak banyak orang yang tahu, Rahmanto Muhidin merupakan anak dari orang tua yang berprofesi sebagai petani.

Kesuksesan yang diraih oleh Rahmanto Muhidin sekarang merupakan buah dari upayanya dengan memaksimalkan bakat yang ada dengan cara berusaha dan terus bekerja keras.

“Dulu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saya harus kerja keras. Ketika lulus dari MAN 1 Laung Tuhup pada tahun 2001, saya tidak langsung melanjutkan ke perguruan tinggi, tapi lebih memilih bekerja jadi buruh lepas di perusahaan batu bara di desa tempat saya lahir,” ungkap Rahmanto ketika dibincangi di Sekretariat DPC PKB Mura.

Pendapatan ketika berprofesi menjadi buruh lepas kala itu digunakan Rahmanto untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sebagianya disimpan sebagai tabungan untuk masuk ke perguruan tinggi.

RAHMANTO MUHIDIN BESERTA KELUARGA.

Setelah dirasa tabungannya cukup, pada tahun 2002 Rahmanto mendaftar kuliah di STAIN yang kini jadi IAIN Palangka Raya. Dari raut wajahnya pun, suami dari Dina Maulidah tampak seorang pekerja keras dan bahkan sampai saat ini masih terlihat goresan bekas luka di wajahnya sebagai tanda dirinya pernah menjadi seorang pekerja kasar.

Dalam perjalanan waktu di bangku perkuliahan, ayah dari dari tiga orang anak ini perlahan menjadi seorang aktivis kampus dan luar kampus, banyak jabatan strategis diembannya, mulai dari Sekjen Badan Eksekutif (BEM), Presiden BEM STAIN Palangka Raya hingga Wakil Ketua I Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Palangka Raya periode 2004-2005.

Lulus dari perguruan tinggi, Rahmanto Muhidin ikut dalam pesta demokrasi pemilihan anggota legislatif Kabupaten Murung Raya pada tahun 2009. Nama Rahmanto Muhidin tercatat satu dari 25 anggota DPRD Murung Raya yang dilantik untuk periode 2009-2014.

Kepercayaan konstituen tampaknya tidak ia sia-siakan, pria yang sudah bergelar Magister Ilmu Hukum dari Universitas Brawijaya ini selalu hadir ketika ada permasalahan yang harus diselesaikan di daerah pemilihannya, sehingga pada periode 2014-2019, Rahmanto kembali terpilih menjadi wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bermodal sarat pengalaman di organisasi mahasiswa dan masyarakat, Rahmanto dipercaya menahkodai Partai Kebangkitan Bangsa Murung Raya. Tepat pada pemilihan legislatif periode 2019-2024 lalu, Rahmanto mampu mencatat sejarah menjadi PKB memiliki 3 kursi di DPRD Murung Raya, termasuknya dirinya. Kini pria yang pernah menjadi Komisaris di PT. Pambelum Karya Bersama itu ditugaskan partai menjadi Wakil Ketua II DPRD Murung Raya periode 2019-2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.