Kapolres Murung Raya Cek Kesiapan Penanggulangan Karhutla

Kapolres Mura, AKBP Dharmeswara saat mengecek peralatan penanggulangan Karhutla, Rabu (17/6/2020).
Android

PAMBELUM, Puruk Cahu – Kapolres Murung Raya (Mura), AKBP Dharmeswhara Hadi Kuncoro melakukan pengecekan kesiapan personil maupun peralatan dalam penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ditahun 2020.

Pengecekan tersebut dilaksanakan melalui Apel Gabungan Tni-Polri di halaman Mapolres Mura, Jalan Bhayangkara Puruk Cahu pada Rabu (17/5/2020) pagi.

Dalam arahannya, AKBP Dharmeswhara, menyampaikan maksud dilaksanakan apel tersebut untuk mengetahui kekuatan personil, serta kesiapan sarana maupun rasarana dalam menghadapi Karhutla.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Tujuan lain juga untuk mempermudah koordinasi antar instansi dan lembaga sehingga bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kabupaten Mura dapat tertangani dengan baik,” ujarnya.

Menurut Kapolres Mura lagi, beradasarkan data dari Anev penanganan kasus Karhutla di Polres Mura tahun 2019, terdapat 731 titik hotspot dan 1 kasus menjerat 1 tersangka dan telah jadi terpidana.

Tidak hanya itu, Kapolres juga menjelaskan secara teoritis penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan dapat terjadi karena dua faktor yaitu, faktor alam, mulai dari musim kering hingga kondisi tanaman yang mudah terbakar dan faktor manusia yang disebabkan kelalaian maupun kesengajaan.

Agar pananganan Karhutla tahun ini berhasil, Kapolres meminta kepada seluruh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Danramil serta Kapolsek jajaran untuk  melakukan pemetaan wilayah Hutan dan Lahan masing-masing yang memiliki potensi munculnya titik api.

“Setelah itu melakukan simulasi dan latihan pemadaman api, menggalang potensi masyarakat untuk membuat sekat kanal guna pengaturan hidrology pada lahan gambut, penyuluhan  kepada masyarakat dan rutin melakukan patroli TNI-Polri,” tambah Kapolres lagi.

Berkenaan masih dalam masa Pendemi Covid-19, Kapolres meminta seluruh personil selalu disiplin untuk menjaga kesehatan, gunakan masker, serta tetap menjaga jarak dan tentunya tetap semangat.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.