Sungai Laung Tiba-tiba Meluap, Warga Tidak Sempat Mengamankan Perabot Dalam Rumah

Kondisi rumah warga di Desa Muara Maruwei II, Kecamatan laung Tuhup.
Android

PAMBELUM – Puruk Cahu – Puluhan desa yang berada di bantaran di Sungai Laung, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya (Mura) diterjang banjir pada Minggu (3/5/2020) hari ini.

Dari sekian banyak desa, ada beberapa desa yang mengalami tinggian air hingga 1,5 meter, diantaranya, Desa Muara Maruwei I, Muara Maruwei II, Batu Bua dan Tahujan Laung.

Kepala Desa Muara Maruwei II, Rusdiaman ketika dihubungui mengatakan, ketingian air hingga dada orang dewasa ini menyebabkan aktivitas warga lumpuh total, bahkan saat ini warga memilih mengungsi ketempat yang lebih aman.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Menurut Rusdiman, bagi warga yang memiliki rumah bertingkat dua, lebih memilih bertahan dengan menempati lantai dua rumahnya, sedangkan warga lainnya memilih mengungsi dengan mambawa barang berharga miliknya.

“Kurang lebih sekitar 130 buah rumah di Desa Muara Maruwei II, sedangkan terdapat 170 kepala keluarga yang terdampak banjir kali ini,” jelas Rusdiaman dengan singkat.

Menurut kepala desa ini lagi, sejak pagi hingga tengah hari pada hari ini, sejumlah rumah sudah terendam dan banyak warga tidak sempat mengamankan perabotan rumahnya

“Debit air yang cukup cepat naiknya, sekarang pososi rumah sudah tenggelam. Sekarang semua mengamankan diri dari banjir, termasuk akses jaring listrik sudah dimatikan untuk menghindari bahaya. Ada juga warga yang pasrah dengan perabotan miliknya sebab sudah terlanjur terandam” tambahnya..

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.