Anggota DPRD Mura ini Minta Pemdes dan BUMDes Berinovasi

Johansyah
Android

PAMBELUM, Puruk Cahu – Anggota DPRD Murung Raya (Mura), Johansyah meminta agar pemerintah desa atau Pemdes lebih produktif lagi dalam melaksanakan pembangunan.

Pemdes diminta berinovasi menggali potensi desa yang dapat menambah pendapatan asli desa agar desa lebih makmur.

Dia meminta agar Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes bukan hanya untuk pajangan, yang mana harus lebih produktif lagi menciptakan keutungan desa.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Antara Pemdes dengan BUMDes ini harus ada sinergi yang baik untuk kemakmuran desa mereka,” kata Johansyah, Senin (11/2/2020).

Menurutnya dengan bersinergi saling berkoordinasi, tentu akan ada kesamaan persepsi dalam rangka melahirkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan usaha BUMDes.

“Artinya pihak Pemdes juga tidak dapat melepas serta merta terhadap BUMDes ini. Mari gotong royong untuk bersama membangun desa,” jelasnya.

Keberadaan BUMDes paling tidak bisa mengerakkan ekonomi rakyat dan menghasilkan pendapatan asli desanya. Jadi, perlu kemampuan untuk menganalisa usaha dan bidang apa yang mau dibangun.

“Karena BUMDes secara langsung merangsang roda perekonomian dan menjadi lokomotif perkembangan desa, untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat desa, kan itu tujuannya,” jelasnya.

Dia meminta agar setiap desa berbeda-beda dalam hal melaksanakan program BUMDes untuk menggerakan perekonomian di desa sehingga pergerakan ekonomi di desa bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Dia meminta agar Pemdes tetap melakukan pembangunan sesuai dengan skala prioritas yang memang dibutuhkan masyarakat.

“Karena ujung tombang pembangunan daerah, maju suatu daerah indikatornya ada di desa. Misal dari ada program pembangunan di desa dari Pemerintah Kabupaten jadi untuk desa bisa menyesuaikan mana yang belum tersentuh dan prioritas,” pungkasnya.

Pesan Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.