Rahmanto : Pemerintah Perlu Bersinergi dengan ASBUMDes

PAMBELUM, Palangka Raya – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura), Rahmanto Muhidin menyarankan agar pemerintah, baik itu dari tingkat provinsi, kabupaten hingga desa bisa bersinergi dengan Asosiasi Badan Usaha Milik Desa (ASBUMDes) yang sudah terbentuk.

Saat menjadi pembicara di rapat koordinasi (Rakor) ASBUDes se Kalteng di Hotel Marimar Kota Palangka Raya pada Rabu (30/10/2019) malam, Rahmanto mengatakan bentuk sinergi antara pemerintah dengan ASBUMDes tidak lain tujuannya untuk meningkatkan perekonomian diwilayah masing-masing.

“Perlu sinergi antara Pemprov Kalteng dan ASBUMDes di Kalteng dan juga Pemkab atau Pemkot juga bersinergi dengan ASBUMDes kabupaten yang sudah terbentuk. Permerintah desa juga diharapkan melakukan hal yang sama sesuai dengan potensi lokal masing-masing,” ungkap Rahmanto.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Menurut Rahmanto yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Mura ini lagi, BUMDes cukup efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga diharapkan Gubernur, Bupati, Wali Kota di Kalteng melalui Disperindagkop, DPMPD dapat melakukan pembinaan yang intens kepada BUMDes yang sudah terbentuk diwilayah masing-masing.

“Maka dari itu perlu audiensi atau duduk bersama antara ASBUMDes Kalteng, Pemprov dan DPRD dalam rangka membicarakan hal-hal yang semestinya harus dilakukan bersama-sama,” tambah Rahmanto.

Sementa itu Ketua ASBUMDes Kalteng, Abdurahman melaporkan dalam Rakor yang dilaksanakan pihaknya dihadiri oleh perwakilan dari BUMDes Kabupaten Seruyan, Kotim, Pulpis, Kobar,Barut, Lamandau, Kapuas dan Murung Raya.

“Menarik untuk diketahui bahwa BUMDes-BUMDes di Kalteng tumbuh dan berkembang sangat pesat dalam berbagai bidang usaha, seperti kerajinan rotan, jual beli karet dan rental alat berat,” jelas Abdurahman.

Dalam Rakor ASBUMDes itu juga Ketua Dewan Pengawas ASBUMDes Kalteng, Rivani mengatakan ASBUMDes Kalteng merupakan satu-satunya Asosiasi BUMDes yang terbentuk serta terstruktur di Indonesia dan berharap bisa bersinergi dengan program Kalteng Berkah.(SUPRI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.