Setelah Lantik Empat Damang Kepala Adat, Ini Pesan yang Disampaikan Bupati Mura

PAMBELUM, Puruk Cahu – Setelah dilaksanakannya pemilihan damang kepala adat di empat lokasi berbeda beberapa waktu lalu, akhirnya hari ini, Kamis (22/11/2018) Bupati Murung Raya (Mura), Perdie M. Yoseph melantik dan mengambil sumpah/janji empat orang damang tersebut.

Adapun yang dilantik adalah Damang Kepala Adat Tanah Siang Tengah, Yosep Bua, Damang Kepala Adat Tanah Siang Timur, Tono Setiawan, Damang Kepala Adat Laung Tuhup, Wilson Tobeng dan Damang Kepala Adat Sungai Babuat, Dengus.

Sesudah melantik empat damang kepala adat di Gedung Dewan Adat Dayak (DAD) Jalan Ahmad Yani Kota Puruk Cahu, Perdie yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DAD Kabupaten Mura berpesan agar para damang ini bisa mengerti tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Saya minta para damang di Murung Raya untuk bisa menjadi ujung tombak pemerintah daerah  dalam menyelesaikan semua persoalan yang berkaitan dengan adat. Juga saya tugaskan para damang ini untuk meningkatkan destinasi wisata bidang pengembangan budaya,” ungkap Perdie.

Menurut Perdie, tugas yang diberikannya tersebut merupakan implementasi dari janji politiknya bersama Wakil Bupati Mura, Rejikinoor dalam peningkatan destinasi wisata alam dan budaya di Kabupaten Murung Raya.

Tidak hanya itu, Perdie juga menjelaskan dalam pemerintahnnya kesejahteraan para damang juga menjadi prioritas dengan dianggarkannya dana tunjangan yang diberikan setiap bulan, berikut juga disediaknnya inventaris berupa satu unut sepeda motor jenis KLX untuk masing-masing damang kepala adat.

“Untuk APBD murni 2018 ini kita sudah berikan motor tersebut kepada lima orang damang, sedangkan enam orang sisanya kita akan perjuangkan ditahun 2019 nanti,” jelas Perdie lagi.

Sebelumnya Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Sarwo Mintarjo melaporkan selama masa pemilihan damang kepala adat yang dilaksanakan pada Bulan Agustus dan Bulan September 2018 lalu dalam prosesnya tidak mengalami permasalahan.

“Patut disyukuri semua dapat kita lalui semua sehingga tiba saatnya pelantikan hari ini. Kita harapkan juga empat damang kepala adat untuk masa bakti 2018-2024 yang baru dilantik ini membawa angin perubahan yang lebih baik bagi masyarakat Dayak yang kita cintai ini,” ucap Sarwo.(Supri/Red1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.