DPRD Nilai Kinerja Petugas Kesehatan di Murung Raya Belum Ada Peningkatan

PAMBELUM, Puruk Cahu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) menilai sampai saat ini masih belum meningkatnya kinerja petugas kesehatan. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya fungsi pengawasan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Hal itu disampaikan langsung Anggota Komisi A, DPRD Kabupaten Mura, Misian. Peningkatan kinerja tenaga kesehatan menurut Misan sudah tertuang dalam program pembangunan Kabupaten Murung Raya dalam meningkatkan dan memantapkan akses serta kualitas pelayanan kesehatan untuk menciptakan masyarakat sehat dan produtif.

“Ini yang perlu dilakukan agar pelayanan Kartu Murung Raya Sehat (KMS) yang terintegrasi kepada program jaminan masyarakat lebih maksimal. Kami menilai juga saat ini perlu memaksimalkan atau menyamakan data kependudukan dan data pengguna pelayanan kesehatan,” ujar Misian saat di Gedung DPRD Mura, Kamis (5/04/2018).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Selain itu, politisi Partai Amanat Nasional ini minta kepada pengawas kesehatan agar melakukan monitoring serta pengawasan kepada kepala Puskesmas dan dokter Puskesmas yang masih belum menetap ditempat tugas.

“Hal ini merupakan gambaran masih rendahnya integritasi dokter di Puskesmas dan petugas kesehatan dengan mengemban amanah sebagai abdi negara. Dari gambaran kondisi yang ada maka capaian kerja Dinas Kesehatan tahun 2018 ini perlu peningkatan,” tutur Misian lagi.

Misian menambahkan, selain perlu tenaga medis yang handal dan mengintegritas pengabdian terhadap masyarakat Kabupaten Mura, Dinas Kesehatan juga perlu menyediakan khusus operasional perencanaan dan mempunyai staf yang memiliki kemampuan bekerja dalam tim meskipun mereka tidak berlatar belakang  pendidikan kesehatan.

“Sebaiknya dalam penempatan Kepala Puskesmas dilakukan melalui lelang jabatan, sehingga mereka yang terpilih adalah sosok yang memiliki komitmen untuk pelayanan kesehatan,” jelasnya.(Lu/Red1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.