Distanakan Mura Upayakan Suplai Bibit Kakau Secepatnya

PAMBELUM, Puruk Cahu – Dalam mengupayakan keinginan masyarakat melalui kelompok tani yang ada dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Murung Raya (Mura) yang mengharapkan bantuan bibit tanaman kakau, Dinas Peternakan, Perikanan dan Pertanian (Distanakan) Kabupaten Murung Raya berupaya akan segera merealisasikan hal tersebut kepada beberapa kelompok tani.

Dalam hal ini melalui Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Yanette Sara saat ditemui diruangannya menjelaskan pihaknya akan terus berupaya memberikan bibit kakau dengan menyesuaikan anggaran yang terdapat pada bidang perkebunan pada tahun 2018 ini.

“Mengingat anggaran yang sangat minim maka suplai akan dilakukan secara bertahap, sedangkan untuk  profosal pengajuan bibit tanaman perkebunan di tahun 2018 sangat banyak namun belum bisa direalisasikan karena kita harus memperioritaskan profosal yang masuk di tahun 2017, itu juga hanya sebagian kelompok tani saja seperti Desa Juking Sopan dan Pantai Laga di Kecamatan Permata Intan dan Desa Takajung Kecamatan Seribu Riam dengan jenis bibit tanaman kakau,” ujar Yanette, Rabu (7/3/2018).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Suplai tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) triwulan II Distanakan dan yang mengadakan bibit ini adalah perusahaan yang besertifikat pertanian di Kabupaten Murung Raya agar bisa membantu percepatan reaslisasi suplai bibit tanaman kepada kelompok tani.

“Anggaran sendiri kami upayakan melalui APBD triwulan II untuk menyuplai bibit tersebut ditambah dengan upaya untuk pembinaan yang terus kami usulkan ke pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” lanjut Yanette.

Maka dari itu, Yanette mengharapkan agar masyarakat melalui kelompok tani lebih proaktif dalam melaksanakan kegiatan dilapangan, seperti menanam dan merawat setiap suplai bibit yang diberikan kepada kelompok tani.

“Menjadikan Murung Raya sebagai sentral penghasil perkebunan dengan produk unggulan seperti tanaman kakau yang berkualitas itu yang menjadi tujuan Pemerintah Kabupaten Murung Raya,” tutup Yanette.(Hantingan/Red2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.