Dewan Dukung Rencana Pemda Mura Bangun Smart City

PAMBELUM, Puruk Cahu – Maria Hetty Politisi Partai Nasional Demokrat yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) menyampaikan dukungannya terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya yang berencana akan mengembangkan smart city di Kota Puruk Cahu selaku ibukota kabupaten Murung Raya ini.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Murung Raya ini konsep smart city sendiri memang baru ditelinga warga Kota Puruk Cahu. Sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat serta dipahami fungsi dari smart city ini sendiri.

“Smart city itu sendiri merupakan konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya,” jelas Maria saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (29/3).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Diungkapkan lagi oleh Maria, bahwa ditahun anggaran 2017 yang lalu pihak Diskominfo SP telah melakukan studi banding dengan Pemerintah Kota Depok. Sehingga menurutnya banyak informasi dan masukan dari Pemko Depok yang dapat diterapkan di Puruk Cahu.

“Pastinya informasi dasar penerapan smart city sudah didapatkan, aplikasinya dapat diterapkan. Sehingga menurut saya tinggal dilakukan pengajuan penganggaran untuk rencana smart city ini, namun sebelumnya kami menginginkan dilakukannya persentase langsung kepada pihak legeslatif apa manfaat dan keuntungan dari smart city itu sendiri kepada masyrakat,” ungkapnya.

Ditambahkannya lagi bahwa penerapan smart city, pada dasarnya untuk pelayanan kepada masyarakat. Namun, untuk penerapannya disesuaikan dengan kebijakan wilayah masing-masing. “Yang saya ketahui informasinya, arahan dari kementerian tidak ada standarnya. Maka implementasinya disesuaikan dengan pedoman dan anggaran yang ada,” tuturnya.(Amaliyah/Red1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.