Dewan Dukung Deklarasi Anti Hoax

PAMBELUM, Puruk Cahu – Maria Hetyy Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten Murung Raya (Mura) dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) mendukung penuh kegiatan Deklarasi Anti Hoax yang diselenggarakan oleh pihak Polres Mura bersama pemerintah daerah serta masyarakat Murung Raya minggu (18/3) yang lalu.
Anggota komisi II ini mengharapkan kedepannya bukan sampai pada deklarasi bersama saja, namun kegiatan seperti ini perlu dilanjutkan ke tahap sosialisasi kepada masyarakat.
“Kegiatan kemarin sudah merupakan langkah nyata untuk menangkal berita berita hoax serta ujaran kebencian, yang utamanya saat ini sering kita jumpai di media sosial. Tentunya dari momentum deklarasi tersebut, masyarakat dapat disadarkan akan bahayanya membagikan ataupun membuat berita yang sifatnya dapat memecah belah persatuan,” kata Maria melalui pesan WhatsApp, Senin (19/3).
Ditambahkannya untuk kegiatan anti berita Hoax dan ujaran kebencian ini, tidak hanya sampai pada tahap itu saja. Namun menurutnya harus dilanjutkan dengan sosialisasi baik dari media sosial dengan akun yang resmi, ataupun melalui spanduk ditempat-tempat umum.
“Sosialisasi kepada masyarakat tentunya sangat penting, jangan nanti malah masyarakat terkejut jika mendapati bahwa apa yang dibagikannya di media sosial menjadi berhadapan dengan hukum,” ungkapnya.
Saat ini dengan kondisi letak geografis masyarakat kita yang banyak tersebar di 10 kecamatan, tentunya sosialisasi dalam bentuk pamflet, spanduk, serta melalui televisi dan radio sangat memungkinkan.
“Yang perlu jadi perhatian adalah pada warga masyarakat kita yang berada di desa-desa yang sudah terjangkau akses internet, namun belum memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum memadai dan mengetahui akan informasi ini. Jadi perlu sekali sosialisasi kesana untuk menangkal berita-berita hoax serta ujaran kebencian,” tuturnya. (Amaliyah/Red1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.