Tingkatkan Pengembangan Komoditi Perkebunan

PAMBELUM, Puruk Cahu – Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan (Distanikan) untuk melaksakan pengembangan komoditi perkebunan jenis tanaman Kakao mendapat dukungan penuh dari pihak DPRD Kab Mura.
Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi II Aning Gengsi Rakyati yang membawahi bidang perekonomian dan keuangan DPRD Kab Mura yang mengatakan bahwa, dengan adanya rencana dari pihak Distanikan untuk melakukan diversifikasi tanaman perkebunan artinya akan membawa suatu harapan baru bagi para petani dalam meningkatkan pendapatan dalam beberapa tahun kedepan.
“Kita sangat mendukung rencana dari pihak dinas teknis untuk diversifikasi tanaman perkebunan ini. Karena potensi lahan serta kesesuaian dari tingkat kesuburan tanah yang cocok bagi tanaman kakao untuk di kembangkan di tiga wilayah kecamatan tersebut,” kata Aning, Kamis (1/2).
Aning juga berharap untuk kedepan bukan hanya kakao yang akan dikembangkan tapi beberapa jenis tanaman perkebunan lainnya, seperti kopi dan tebu.
“Komoditas tanaman kopi juga bagus dikembangkan wilayah kita ini. Apalagi dengan telah adanya beberapa masyarakat pelaku ekonomi kita yang sudah mendirikan usaha menggunakan komoditas kopi asli produksi petani kita,” jelasnya.
Dari informasi yang kita dapatkan bahwa para pelaku bisnis kopi asli dari Murung Raya ini kekurangan bahan baku berupa biji kopi mentah dari petani.
“Perlu di bantu bagi masyarakat petani tentang diversifikasi beberapa komoditi perkebunan yang berpotensi seperti kopi dan kakao. Akan kita coba membahasnya bersama guna mempersiapkan dari segi teknis dan pendanaannya,” tutur legislator dari Partai Gerindra ini.(Amaliyah/Red1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.