Beruang Besar Teror Warga, BKSDA Kalteng Pasang Perangkap

PAMBELUM, Palangka Raya РUntuk menghindari adanya konflik antara beruang dan warga, petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) memasang jebakan dibeberapa titik  kemunculan beruang di kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jakan Raya, Jalan Cilik Riwut  kilometer 11 Kota Palangka Raya.

Menurut petugas Polisi Hutan BKSDA Kalteng, Nur Wahid Wahyudi, pihaknya tidak bisa memastikan berapa lama waktu yang diperlukan agar beruang ini masuk perangkap.

“Kami sudah memasang jebakan dengan umpan buah nanas didalamnya. Tingkah beruang ini tidak bisa di prediksi. Jadi kami tidak tahu kapan beruang ini masuk perangkap dan untuk jaga-jaga kami sudah siapkan senapan bius” ujar Wahid, Kamis (1/2/2018).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Wahid juga mengatakan belum bisa memastikan jenis kelamin beruang yang telah meneror warga selama kurang lebih tiga hari tersebut.

“Belum bisa dipastikan kalau tidak ditangkap langsung, karena ciri beruang jantan dan betina kalau dilihat sekilas sama” tambah Wahid lagi.

Untuk jenis sendiri, Wahid mengatakan beruang yang terlihat tersebut merupakan jenis beruang madu dengan usia dibawan 10 tahun dengan dugaan keluarnya beruang itu dari habitatnya karena mencari makan.(Beben/Red1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.