3 Kecamatan Dapatkan Optimalisasi Lahan Pekerangan

PAMBELUM, Puruk Cahu – Sebanyak 3 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Murung Raya tahun anggaran 2018 ini akan dilaksanakan optimalisasi lahan pekarangan yang bersumber dari dana APBD dan APBN.
Kegiatan yang digawangi oleh Dinas Ketahanan Pangan ini secara teknis akan turun kelapangan untuk melakukan sosialisasi tentang memaksimalkan lahan pekarangan setiap warga di tiga kecamatan tersebut.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mura Ferdinan Wijaya mengatakan bahwa, ada dua sumber dana yang akan digunakan untuk kegiatan tersebut.
“Dari dana APBN akan dilaksanakan di Kecamatan Murung dan Tanah Siang. Sedangkan dari anggaran APBD akan dilaksanakan di Kecamatan Murung, Tanah Siang dan Laung Tuhup,” kata Ferdinan kepada awak media, Rabu (7/2/2018).
Dijelaskannya bahwa ada beberapa tanaman buah-buahan, tanaman holtikultura berupa sayur-sayuran. Dan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memanfaatkan lahan pekarangan milik masyarakat.
“Sasarannya sebenarnya para ibu rumahtangga, agar lebih mampu memanfaatkan lahan pekerangan rumahnya untuk memenuhi kebutuhan rumahtangganya. Dan kita juga tidak serta merta untuk memberikan bantuan langsung tapi akan di analisa dulu tanaman apa yang cocok dan diminati masyarakat,” jelasnya.
Rencananya disaat pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai warga masyarakat di desa yang mendapatkan bantuan ini diwajibkan membentuk kelompol, karena nantinya disalurkan melalui kelompok.
“Akan kita mulai di bulan April nanti dan kita akan tugaskan petugas kita untuk ke lapangan agar membentuk kelompok kerja ataupun kelompok tani yang nantinya mendapatkan bantuan tersebut,” pungkasnya. (Red2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.