Kembangkan Tanaman Tebu, Untuk Tingkatkan Penghasilan Masyarakat

PAMBELUM,Puruk Cahu – Sangat luas wilayah dan besarnya potensi alam baik pertanian maupun perkebunan di Kabupaten Murung Raya (Mura) menjadi perhatian dari pihak Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya untuk meningkatkan produksi dari hasil pertanian masyarakat.

Jenis-jenis tanaman pertanian seperti tanaman tebu, kakao dan kopi inilah yang akan dicoba dikembangkan disetiap kepala keluarga yang ada di desa-desa dan kecamatan. “Potensi pertanian kita sangat mampu merealisasikan hal ini, kita akan mencoba dulu di beberapa desa. Kita juga akan berikan bbeberapa pelatihan kepada warga untuk pengolahan pangannya, jadi harapannya nanti ekonomi masyarakat dapat terangkat.” Kata Ferdinan Wijaya Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Jumat (5/1/2018)

Menurut Ferdinand pihaknya akan mendata terlebih dahulu desa mana saja yang punya potensi dan masyarakatnya mau untuk diarahkan untuk pengelolaan pertanian guna menghasilkan panganan masyarakat yang bernilai ekonomis.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Untuk pengolahannya nanti akan ada pelatihan yang akan kita berikan kepada masyarakat, sampai kepada sistim pemasarannya. Jadi diharapkan masyarakat dapat penghasilan tambahan,” ungkapnya.

Ferdinand menegaskan program ini akan lebih awal dilaksanakan, dan sasaran awal akan menyasar daerah Kelurahan Beriwit dan sekitarnya. “Kita akan laksanakan di wilayah Kecamatan Murung dulu untuk tahap awal dan nantinya akan menyasar desa-desa di kecamatan lainnya,” tuturnya. (Red2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.