Ada 12 Orang Pengidap HIV/AIDS di Murung Raya

PAMBELUM, Puruk Cahu РSaat ini ada sebanyak 12 orang yang menderita penyakit Human immunodeficiency virus infection and acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS) yang ada di Kabupaten Murung Raya.

Jumlah orang penderita penyakit yang tergolong ganas tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan maupun sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mura pada tahun 2017 lalu.

Saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya, Suria Siri, melalui Kepala Bidang Penyakit Tidak Menular, dr. Sri Rahayu menyampaikan penyebab adanya penderita HIV/AIDS di Mura karena terjadinya free sex atau gonta ganti pasangan.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Serta juga disebabkan gonta ganti jarum suntik atau transfusi yang tidak aman. Kemudian penularan dari Ibu ke Anak,” tutur dr. Sri, Selasa (16/1/2018).

Dilanjutkan dr. Sri juga untuk identitas penderita HIV/AIDS sendiri tidak bisa mereka publikasikan karena berkaitan dengan privasi seseorang.

“Ke 12 orang itu tetap kami pantau perkembangannya dengan bekerja sama dengan pihak RSUD. Sementara itu kami menghimbau agar semua masyarakat Mura bisa memahami penyebab penyakit ini dan juga menjauhinya,” tambah dr.Sri. (Hantingan/Red1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.