Ingin Lestarikan Kesenian Lokal, Wakil Ketua DPRD Mura Ini Ikut Menari Bersama Warga

PAMBELUM, Puruk Cahu – Sudah menjadi kebiasaan setiap diadakannya acara resepsi perkawinan didaerah pemukiman sekitar pesisir Sungai Barito adat baarak (mengantar mempelai laki-laki ke rumah mempelai perempuan) menjadi salah ritual wajib untuk dilaksanakan.

Akan tetapi tetapi ada yang berbeda saat pelaksanaan kegiatan adat tersebut di Desa Muara Sumpoi Kecamatan Murung pada Sabtu (30/12/2017) siang tadi, sebab salah satu pejabat di Kabupaten Murung Raya (Mura) ikut serta dan menjadi bagian dalam prosesi acara adat itu.

Ialah Rejikinoor, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Murung Raya bersama puluhan warga larut dalam tarian yang diiring oleh irama pukulan rebana dan tentu saja aksi itu menjadi perhatian seluruh penonton yang menyaksikan kesenian lokal tersebut.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Setelah mengikuti acara tersebut, Rejikinoor atau akrab disapa Kinoi mengatakan kesenian lokal, seperti yang baru saja diikutinya itu harus terus dipelihara, terutama oleh para generasi muda.

“Saya cukup gembira sebab yang ikut menari berasa saya tadi didominasi oleh para anak muda. Itu menandakan kesenian ini tetap melekat dan bisa diterima oleh kalangan anak muda,” ungkap politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Menurut Kinoi lagi tentunya Kabupaten Mura yang begitu banyak terdapat kesenian lokal semuanya perlu mendapat perhatian semua pihak, sebab melalui kearifan lokal tersebut Kabupaten Mura bisa menunjukan jatidirinya kepada masyarakat luar.
“Dan lagi dengan terus terjaganya kearifan lokal ini secara tidak langsung akan menjadi identitas kita kedepannya,” tambah Kinoi. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.