TP-PKK Desa Lawang Tamang Kunjungi Dua Desa Belajar Seni Anyaman Rotan

KAPUAS – TP-PKK Desa Lawang Tamang Kecamatan Mandau Telawang mengunjungi Desa Dare Kabupaten Katingan dan Desa Pulau Telo di Kuala Kapuas untuk belajar seni kerajinan rotan. Kegiatan ini dalam upaya pemdes setempat untuk meningkatkan penghasilan rumah tangga warganya.

Kepala Desa Lawang Tamang Pancar menuturkan, dua desa yang dikunjungi sudah berhasil dalam mengembangkan dan menjual hasil kerajinan tangan berbahan baku rotan. Bahkan hasil produk dari Desa Pulau Telo saat ini sudah menjadi barang ekspor.

“Desa Dare yang ada di Kabupaten Katingan cukup berhasil dalam hal memperdagangkan hasil anyaman rotan mereka seperti “lawung” dan “pernik” yang berbahan baku rotan. Desa Pulau Telo dalam pengolahan “tikar lampit” diekspor sampai ke Jepang,” kata Pancar, Minggu (12/11/2017).

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Lanjut Pancar, selama ini Ibu-ibu PKK di desa Lawang Tamang banyak yang menganyam rotan pada saat senggang. Namun, karena kurang kreasi dan motif berakibat pada sulitnya menembus pasar.

“Nah dengan mengikuti kegiatan ini saya sangat berharap mereka dapat mengimplematsikan dan mengembangkan apa yang mereka lihat, sehingga hasil anyaman mereka dapat lebih dikenal nantinya. Setidaknya dengan begitu tentu saja dapat menambah penghasilan,” kata Pancar.

Selain melihat proses pengolahan, Pemdes juga mengajak PKK untuk berkunjung ke sejumlah toko yang khusus menjual kreasi tangan di Kabupaten Katingan dan Kapuas. Langkah itu guna mengenalkan pasar sehingga nantinya produk yang diproduksi memiliki pasar yang bagus.

Pos terkait