Selain Orangutan, Kalteng Andalkan Sungai Koran

PALANGKA RAYA – Taman Nasional (TN) Sebangau salah satu tujuan wisata di Kalteng yang telah mendunia. Orang asing hanya mengetahui wisata disana orangutan saja. Sangat disayangkan, apabila potensi alam yang ada di dalamnya tidak dieksplor, seperti Sungai Koran.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Guntur Talajan mengatakan, apabila masuk jauh ke dalam menyusuri Sungai Koran, hutan rawa gambut di dalamnya menjadi habitat bagi hewan jenis primata (orangutan).

[irp]

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Sensasi ketika datang ke tempat wisata ini ketika menaiki perahu menyusuri sungai yang berair hitam diantara hutan yang tumbuh mengelompok. Kerena sudah tahu sensasinya, sehingga kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke lokasi ini terjadi peningkatan. Ini menandakan pontesi wisata di daerah kita punya daya tarik,” katanya, Senin (6/11/2017).

Meski pengelolaannya dilakukan oleh pihak Taman Nasional Sebagau, lanjut Guntur, namun pemerintah masih bisa membantu dan menambah fasilitas yang ada, terutama homestay dan jembatan titian di sejumlah titik.

[irp]

“Dukungan dari instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan, hingga Dinas Koperasi dan UMKM  juga diharapkan,” tutupnya.

Pos terkait