Realisasi Dana Desa di Seruyan Baru Capai 62,27 Persen

SERUYAN – Berdasarkan hasil laporan konsolidasi dana desa tahap I tahun 2017, realisasi dana desa di Kabupaten Seruyan baru mencapai 62,27 persen. Adapun tingkat capaian output 53,63 persen.

“Untuk pagu dana desa tahap I yang diperuntukkan untuk desa-desa di Seruyan, seluruhnya mencapai Rp48.173.879.400,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Seruyan Bahrun Abbas, Kamis (2/11/2017).

Lanjut Abbas, desa yang sudah menyampaikan laporan realisasi penyerapan dana desa tahap satu terdapat sebanyak 80 desa. Sementara itu puluhan desa belum menyampaikan hingga saat ini.

Bacaan Lainnya
Rahamnto

Berdasarkan hasil evaluasi ungkap Abbas, sejumlah desa belum membuat laporan keuangan karena terkendala minimnya sumber daya manusia yang mumpuni untuk membuat laporan.

“Ada beberapa diantaranya yang masih belum memahami tentang sistem pelaporan Anggaran Dana Desa (ADD) tadi,” ungkap Abbas.

Guna mengatasi persoalan itu BPKAD dan Inspektorat Seruyan menggelar pelatihan dan sosialisasi pelaporan dana desa di Kuala Pembuang. “Pesertanya para kades dan perangkat desa,” tukas Abbas.

Pos terkait