DPUPR Diminta Tangani Jalan Menuju Kecamatan Tanah Selatan Agar Bebas Banjir

PURUK CAHU – Terganggunya akses jalan menuju Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya akibat meluapnya Sungai Manawing ditenggarai karena posisi jalan yang rendah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Markudius Dani mengatakan, tahun 2017 ini saja akses jalan menuju Kecamatan Tanah Siang Selatan tiga kali terendam. Hal itu secara tidak langsung mengganggu aktivitas masyarakat.

baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Desa di Tanah Siang Selatan Terendam

Bacaan Lainnya
Rahamnto

“Tepatnya akses yang sering terendam di daerah Desa Datah Kotou dan Desa Dirung Lingkin, seperti yang terjadi hari Kamis (12/10/2017) kemarin yang menyebabkan banyak rumah yang terendam,” kata Dani, Jumat (13/10/2017).

Dani mengatakan, pihaknya akan merekomendasaikan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), agar meninggikan badan jalan di dua desa tersebut.

“Ditinggikan jalannya atau minimal dikasih gorong-gorong agar banjir tidak terjadi lagi saat terjadi hujan seperti hari kamaren,” tambah Dani.

baca juga: Longsor, Akses Lamandau-Kalbar Putus

Dalam menyampaikan kondisi daerah yang sering terkena banjir tersebut, Dani menyampaikan luapan Sungai Manawing bukan lagi disebut banjir bandang, tapi sudah disebut sebagai banjir musiman sebab terjadi saat turunya hujan.

“Makanya saya minta Dinas PUPR untuk memperhatikan ini, sebab bila meluap dipastikan akses menuju Kecamatan Tanah Siang terputus,” tambah Dani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.