Anggota Koramil 1013-07/Puruk Cahu saat membantu warga menyeberang banjir di Desa Bahitom.

PAMBELUM, Puruk Cahu – Sambil melaksanakan pemantauan kondisi banjir di beberapa desa di Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) pada Senin (17/6/2019) pagi, anggota Koramil 1013-07/Puruk Cahu juga membantu warga yang terdampak banjir.

Kapten Inf. Trio yang merupakan Danramil 1013-07/PC  bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura melakukan pemantauan bencana banjir akibat luapan sungai di Desa Juking Pajang dan Desa Bahitom.

Komandan Kodim 1013/Muara Teweh, Letnan Kolonel Inf. Yusan Riawan menjelaskan, penyebab banjir dikarenakan meluapnya anak Sungai Barito sehingga menggenangi sebagian jalan masuk menuju Desa Juking Pajang dan Desa Bahitom.

“Banjir ini merupakan luapan dari anak Sungai Barito yang tidak dapat menampung debit air hujan yang turun dari malam sampai pagi. Akibatnya ketinggian air di jalan menuju pasar Bahitom mencapai 20 cm, sedangkan jalan menuju Desa Bahitom mencapai ketinggian lebih kurang 1 meter,” ungkap Letnan Kolonel Inf. Yusan Riawan.

Lanjutnya, hasil pemantauan akhir jalan menuju Desa Juking Pajang ketinggian air sudah mengalami penurunan. Sementara untuk aktifitas masyarakat masih berjalan seperti biasa, akses jalan menuju ke kota masih bisa diatasi

“Kendala masih dapat diatasi, karena sebagian masyarakat mempunyai kelotok dan  bantuan LCR dari BPBD Kabupaten Murung Raya yang  pengoperasiannya dibantu personel dari Koramil 1013-07/PC,” pungkas Dandim lagi.(SUPRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here