Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph.

PAMBELUM, Puruk Cahu – Bupati Murung Raya (Mura), Perdie M. Yoseph menyarankan agar calon mahasiswa asal Mura yang akan menempuh pendidikan tidak lagi mengambil jurusan ilmu pendidikan (guru) maupun tenaga kesehatan.

Hal tersebut menurut Bupati dikarenakan banyak berkas pelamar pekerjaan yang ada padanya didominasi dari jurusan pendidikan serta tenaga kesehatan.

“Saya minta agar para ASN bisa memberitahukan hal ini kepada keluarganya yang kebetulan mau menempuh pendidikan di pergurun tinggi,” ucap Perdie saat memimpin upacara gabungan di Halaman Kantor Bupati Mura, Senin (4/11/2019).

Menurut Perdie sah-sah saja bila mengambil jurusan pendidikan dan kesehatan, akan tetapi patut menjadi pertimbangan kedepannya tentang ketersediaan lapangan pekerjaan untuk guru maupun tenaga kesehatan.

“Jadi guru memang sangat penting  dan jadi perawat juga demikian, tapi patut manjadi perhatian bila sudah lulus tentu banyak persaingan serta kecilnya peluang dapat pekerjaan,” tambah Perdie.

Untuk itu, menurut Perdie diharapkan calon mahasiswa asal Mura bisa lebih bervariasi lagi dalam mengambil jurusan pendidikan di perguruan tinggi selain ilmu pendidikan dan kesehatan.

“Salah satu contohnya dengan berpindahnya Ibu Kota Negara ke Pulau Kalimantan tentu akan lebih banyak menyerap tenaga kerja. Bila anak muda kita bervariasi disiplin ilmunya tentu mengisi lowongan pekerjaan tidak akan diambil dari luar,” jelas Perdie lagi.(SUPRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here